Mengenal Arti Lambang Asean, Dan Penjelasannya

Lambang Asean Melambangkan Persatuan, Perdamaian, Kemakmuran, Persahabatan dan Stabilitas Negara-negara Anggotanya.
Lambang atau Simbol Asean, dibentuk tentunya mempunyai tujuan atau makna tersendiri dari Lambang Asean tersebut, lalu apa bekerjsama arti dari Lambang Asean?

Lambang Asean ini resmi dipakai pada bulan Juli 1997, namun panduan mengenai Warna dan Gambar yang ada pada Lambang Asean ini gres diresmikan pada tanggal 8 April 2010, di Hanoi tepatnya pada pertemuan Dewan Koordinasi Asean ke-6.

Asean merupakan Organisasi Negara-Negara Asia Tenggara, atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA) yang mempunyai Simbol atau Lambang berbentuk Lingkaran yang didalamnya terdapat gambar Ikatan Sepuluh rumpun padi.

Baca juga: Negara Anggota Asean, dan sejarah berdirinya

Lambang Asean merupakan Ikatan Sepuluh rumpun padi berwarna kuning dan bertuliskan asean dibawahnya dengan penulisan memakai abjad kecil jenis Helvetica , berada didalam bundar berwarna merah dan mempunyai dua buah garis lingkaran, garis bundar dibagian dalam berwarna Putih, sedangkan Garis Lingkaran di kepingan luar berwarna biru.

Lambang ini dibentuk tentunya mempunyai arti khusus untuk menggambarkan Organisasi Asean itu sendiri, Selain gambar ikatan sepuluh rumpun padi didalam dua buah garis bundar yang dibentuk sebagai Lambang Asean, Pemilihan warna Biru, Putih, merah, kuning pada lambang asean tentunya juga mempunyai makna serta tujuan tersendiri.

Lalu, apa bekerjsama makna/arti dari Lambang Asean?

Mengenal Arti dari Lambang Asean, dan penjelasannya

 dibentuk tentunya mempunyai tujuan atau makna tersendiri dari Lambang Asean tersebut Mengenal Arti Lambang ASEAN, dan penjelasannya
Lambang ASEAN

Sepuluh Rumpun Padi yang terikat
Gambar Sepuluh rumpun/batang Padi yang terikat yang terdapat pada Lambang resmi Asean mempunyai arti untuk melambangkan Keinginan para negara pendiri ASEAN, semoga sepuluh negara anggota Asean terikat dalam Perdamaian, Persahabatan dan kemakmuran.

10 Negara Anggota Asean:

  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Filipina
  4. Singapura
  5. Thailand
  6. Brunei Darussalam
  7. Vietnam
  8. Laos
  9. Myanmar
  10. Kamboja

Padi dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kekayaan

Lingkaran
Lingkaran melambangkan Persatuan Negara-negara Anggota Asean

Makna dari Warna-warna pada Lambang Asean

BIRU
Warna Biru Melambangkan Perdamaian, Kemantapan, Keamanan dan Stabilitas.

PUTIH
Warna Putih melambangkan Kesucian.

MERAH
Warna Merah melambangkan Keberanian dan kedinamisan.

KUNING
Warna Kuning melambangkan Kekayaan dan kemakmuran

Makna Lambang Asean
Lambang Asean melambangkan Kemakmuran, Perdamaian, Persatuan, Kedinamisan, dan Stabilitas negara-negara Anggota Asean.

Dan perlu kita ketahui juga, Lambang Asean sebelumnya (sebelum tahun 1997) hanya terdapat 6 (enam) batang Padi, sebab ketika itu Negara Anggota Asean hanya 6 negara, ialah 5 Negara Pendiri Asean (Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand) dan ditambah Negara Brunei Darussalam.

Semoga bermanfaat!

Berbagi ilmu pengetahuan umum